Untuk Ibu (yang bukan) Kartini.

Share on :
saya selalu mengingat tanggal 21 April seperti kebanyakan orang mengingatnya. tapi bila kebanyakan orang tersebut mengingatnya karena Kartini tentu saya tidak, sebagai seorang pelupa angka tidak pernah menjadi menarik untuk saya dan mampu mengingat angka dengan baik adalah sebuah prestasi yang tentu harus saya rayakan.

saya mengingat 21 April karena ibu saya. ibu saya lahir di angka keramat bagi kebanyakan perempuan Indonesia.tersebut. hari ini ibu berulang tahun lagi dan saya sekali lagi tidak mau membawa - bawa angka umur karena bagi saya melihatnya beruban dan memiliki banyak garis diwajah saja sudah cukup untuk membuat saya berfikir banyak hal.tentang bakti, tetantang terima kasih, tentang saya yang masih sering berdosa, tentang saya yang belum bisa membahagiakannya, tentang saya yang belum merasa jadi kebanggaannya, tentang saya yang masih belum punya cukup target untuk menaikan haji beliau bersama bapak dan tentang saya yang masih banyak lagi "kurang"nya dibanding segala yang diberikannya dalam hidup saya.

Kartini sudah mati tapi ibu saya masih hidup. lebih kuat dan lebih sabar bukan karena saya tidak mau mengapresiasi kartini tapi saya lebih mengenal ibu saya yang juga punya apa yang dielu - elukan dari perempuan berkonde itu. ibu saya penyabar, ibu saya pekerja keras, ibu saya pandai dan ibu saya adalah orang yang selalu bersyukur dibalik setiap kekurangan yang dirinya dan keluarganya miliki.

ibu dan kartini memiliki banyak kesamaan tapi ada satu perbedaan yang bagi saya istimewa, kartini populer dihati dan pikiran banyak orang tetapi ibu adalah satu - satunya dihati sedikit saja orang; anak - anaknya, suaminya, keluarganya dan teman - teman pengajiannya yang selalu senang mendengarkannya melafadzkan ayat - ayat dan nyanyian barjanji. kartini adalah cahaya untuk banyak orang tapi ibu hanya untuk rumah mungil kami.

suatu hari nanti saya ingin hidup dengan perempuan seperti kartini, seperti ibu bukan karena apa - apa tapi karena saya ingin berada disurga yang sebenarnya.surga dibawah telapak kaki yang tepat. selamat ulang tahun ibu, selamat hari kartini untuk perempuan indonesia. saya akan selalu ingat tanggal ini. :) .

0 komentar:

Posting Komentar