Indonesia Kita #17an

Share on :
dulu jaman SMA kalo ada yang nanya kenapa "Indonesia" ? jawaban saya sangatlah sederhana " karna bapak ibu saya Indonesia".atau " karna saya lahir disini " tapi skarang jawabannya memang tidak lagi sesederhana itu. banyak hal yang menjadi dasar betapa rasa kebangsaan seseorang haruslah mampu dipertanggung jawabkan, harus mampu dikawab dengan alasan mendasar dan tentunya dapat dipertanggung jawabkan.

Indonesia bukan bangsa, Indonesia adalah kesatuan bangsa - bangsa yang bersama untuk satu tujuan sederhana: bebas, merdeka dari penjajahan dan mampu memperjuangkan hajat hidupnya sendiri. bagi saya perbedaan adalah bagian manusiawi, lahiriah pemberian tuhan yang harus disyukuri sebagai berkah.
Bila hari ini indonesia kita seperti terseok - seok karna tersandung ini dan itu, pengertiannya hanyalah bahwa kita sedang mengadapi ujian sebagai sebuah bangsa besar yang sudah pasti juga harus menerima ujian yang besar. mari terus mengkritisi tapi jangan pernah kurangi satu persenpun rasa cinta pada bangsa dan negara ini. indonesia harus satu. satu tujuan  



 ---
ini adalah 17 gambar yang saya siapkan dari Ambon untuk peringatan #17an. sebuah bentuk yang didasarkan pada keinginan mengikat perbedaan. meski kita berbeda, kita punya keyakinan dan simbol - simbol yang bisa mengikat kita menjadi satu bangsa, satu negara. satu Indonesia
---

bila hari ini ada yang bertanya pada saya 
" mengapa Indonesia ? "
jawaban saya tetap sederhana, 
" karna bangsa ini, tanah ini, negeri ini luar biasa " 

Indonesia #17an. 
sekian

0 komentar:

Posting Komentar