JAS MERAH

Share on :

Presiden Soekarno pernah bilang "Jangan Melupakan Sejarah". Semangat yang kemudian di kenal dengan semangat Jas Merah ini sungguh menjadi sebuah nilai yang harus terus di amalkan. Apa jadinya anak bangsa yang katanya besar tapi tidak memahami sejarah bangsanya sendiri. Memahami sejarah perjalan bangsa akan membuat setiap orang memiliki alasan logis mengapa di a "harus" mencintai bangsa dan negaranya bukan cuma sekedar omdo alias omong doang. 

Jaman emang berubah, manusia-manusiapun pada akhirnya memang harus ikut berubah tapi seperti yang telah di singgung di postingan sebelum ini semangat "orang muda" haruslah menjadi senjata ampuh untuk mendorong sebuah perubahan-sebuah perbaikan yang pada dasarnya menjadi tujuan awal mengapa sebuah negara lahir. generasi Indonesia harus mengenal sejarahnya, harus mengenal bangsa dan negaranya secara benar dan hal tersebutlah yang mampu kemudian menhasilkan generasi-generasi muda yang bersikap nasionalis.

Di twitter maupun media jejaring sosial lain saat ini ramai sekali postingan status dengan berbagai tagar dan semuanya merujuk pada semangat kebangsaan jelang peringatan HUT RI Ke-66 besok. semangat ke-Indonesia-an pada prinsipnya adalah semangat yang fleksibel dan dapat di aplikasikan dalam bentuk apapun selama lewat momentum peringatan tersebut setiap orang secara sadar mau mengingat kembali perjalanan hidup bangsa dan Negaranya. 

Bila ada yang bilang semangat #!7an hanya semangat romantisme sejarah pada dasarnya hal tersebut adalah keliru sebab setiap generasi datang dengan semangat yang berbeda-beda didasarkan kondisi aktualnya. sendiri-sendiri. Negara kita Indonesia adalah negara yang lahir di atas sebuah konsepsi menyatukan perbedaan namun hal tersebut bukan untuk kemudian menjadikan kita melulu perang persepsi dan argumentasi, generasi sebelum hari ini sudah berjuang untuk merdeka-mereka beraksi maka su dah jelas bahwa kita generasi baru hari ini tidak harus hidup hanya untuk sekedar ongkang-ongkang kaki, kita juga harus punya aksi.

Atas dasar sadar pentinganya nilai sejarah teman-teman di Ambon 17 Agustus hari ini akan melaksanakan kegiatan Kenal Ambon Cinta Indonesia #KACI sebuah aksi turun jalai yn untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di pusat kota Ambon demi lahirnya sebuah rasa cinta terhadap bangsa dan negara secara kritis.  Apapun aksi yang akan di lakukan sesungguhnya bagi saya hal tersebut adalah nilai, sebuah upaya perbaikan terlebih bila kemudia semangat orang muda yang mengalir di dalamnya adalah semangat berbuat-semangat membangun tanpa pamrih. Indonesia bisa lebih baik, optimis. 






0 komentar:

Posting Komentar