10 Orang Muda dengan Semangat #PattimuraMuda Paling Menyala

Share on :
Bagi saya Pattimura adalah nama untuk sebuah semangat, tidak usang dimakan waktu dan selalu bisa lahir untuk menjadi api yang membakar zaman. Hari ini hari Pattimura dan saya punya 10 orang teman yang saya anggap punya semangat #PattimuraMuda. Masa kolonialisme sudah selesai, perjuangan juga bukan lagi dengan parang salawaku tapi dengan apapun yang bisa dilakukan untuk kemajuan, untuk kebaikan. Berikut adalah mereka, orang-orang muda Indonesia yang lahir dari tanah Maluku.  

Morika Tetelepta

Orang muda pendiam dan punya senyum manis ini adalah seorang seniman, produktif menulis syair dan menjadi salah satu pendiri Bengkel Sastra Maluku. Dalam peta musik HipHop Maluku, Morika Tetelepta sejak tahun 2008 bergerilya bersama keluarga besar MHC (Molukka HipHop Community) di scane musik lokal dan meraja di dunia online setelah sebelumnya sempat malang melintang di scane musik Hiphop dengan nama lain ketika masih berdomisili di Pulau Jawa. Morika atau yang dalam kesehariannya disapa hangat dengan panggilan “Abang” memilih pulang kembali ke Ambon untuk menjadi bagian yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup budaya Maluku dengan semangat maju kedepan tanpa pernah mau menunggu. Twitter akunnya @Morikatetelepta  

M. Burhanudin Borut

Orang muda ini adalah seorang penyuka fiksi dan sejarah. Bagi orang-orang yang mengenalnya dekat, Burhan atau yang akrab disapa Tero ini adalah semacam google berjalan karena rasanya tidak ada hal yang tidak diketahuinya atau bisa dikomentarinya. Burhan adalah salah satu penggerak Kerja Kreatif di Kota Ambon, beraktivitas dengan beberapa event organizer untuk berbagai macam acara terhitung sejak tahun 2004. Dia aktif membangun komunikasi berbagai komunitas kreatif dan sejak tahun 2010 lalu membangun sebuah kampanye semangat dengan nama Ambon Bergerak: dari timur Indonesia, @ambon bergerak. Akun twitternya @tero2_boshu.

Almascatie

Bapak Blogger Maluku, mungkin begitu akhirnya orang muda pecandu kopi dan malam ini harusnya disapa. Salah satu founder Arumbai Blogger dan sampai saat ini aktif berkegiatan kreatif baik melalui online maupun offline media. Bersama beberapa teman Almascatie kini sedang menggarap Malukupedia.org sebagai bagian dari upaya membangun kembali akses informasi tentang Maluku khususnya tentang budaya dan kehidupan masyarakatnya. Akun twitternya @almascatie.

Weslly Johanis

Nyong tenang dengan senyum manis dan sikap yang santun ini adalah seorang pemikir yang kritis. Perkenalan dan pertemuan saya dengannya justru berawal dari dunia online ketika saya gemar sekali membaca tulisan-tulisan kritis yang dimuat di notes facebooknya. Wesley menyebut dirinya anak gunung dan kini membangun sebuah kelompok belajar untuk anak-anak dengan nama @GunungMimpi. Mimpi Wesley sendiri sederhana, dia ingin anak Maluku—anak Indonesia menjadi pemimpi-pemimpi besar yang mau terus mengejar mimpi dengan tekun belajar dan berusaha. Akun twitternya @e_weslly

Ipeh Alaydrus

Tidak banyak perempuan muda Maluku hari ini sepertinya, begitu kira-kira komentar pertama yang akan terlontar bila berkenalan pertama kali dengannya. Ipeh adalah seorang jurnalis muda, aktivis perempuan dan fokus membangun diskusi tentang kemanusiaan. Ipeh adalah satu dari sekian banyak contoh perempuan muda yang memilih hidup dengan passion, melakukan apa yang baik menurut keinginannya dan terus meletakkan arti bagi kehidupan di sekitarnya.

Khairiyah Fitri

Antara ukuran tubuh, selera humor dan tenaganya sangatlah tidak berbanding. Dengan tubuh kecil, perempuan muda yang juga adalah seorang jurnalis dan aktivis perempuan ini memiliki tubuh yang mungil yang bisa hilang dalam satu lingkar pelukan tetapi tawa dan semangatnya mampu menggelegar mengalahkan barisan laki-laki yang ada disekelilingnya. Riri, begitu dirinya biasa disapa juga fokus membangun dan mengadvokasi anak-anak jalanan. Beberapa waktu terakhir ini sempat kehilangan kontak dengannya karena kini menurut kabar terakhirnya sedang berada di Aceh untuk sebuah kerja kemanusiaan.

Dalenz Krinyol

Tidak banyak orang yang mampu memecat dirinya sendiri dari pekerjaan yang menurutnya tidak memerdekakan kreativitas, kebanyakan orang mungkin akan memilih untuk bertoleransi dengan keadaan tapi tidak dengan orang muda yang satu ini. Dalenz yang dulunya adalah pekerja LSM yang fokus menyoroti budaya dan hak-hak masyarakat adat punya banyak prestasi yang membawanya malang melintang ke dunia internasional dan kini memilih hidup di Ambon bersama seriu satu gaya dan kegilaannya untuk memainkan musik reggae bersama d’embalz. Akun twitternya @dalenz_utrack .

Ahmad Alkatiri

Bagi saya orang muda ini adalah produk pembangkangan terhadap realitas Maluku yang terbatas dan membatasi kreatifitas. Ketika SMA di kota Ambon orang muda ini bersama teman-temannya menggerakkan komunitas Teater Embun yang masih hidup hingga hari ini. Semangat bergerak yang tumbuh berkembang semakin melebar bersamaan dengan hijrahnya dirinya ke Kota Bandung untuk melanjutkan studinya. Orang muda dengan gaya yang flamboyan ini telah melahirkan banyak karya dan saat ini menjadi salah satu pekerja social media di jakarta. Walaupun tidak berada di Ambon, Achmad selalu dengan ide-idenya yang selalu mutakhir berusaha untuk membangun tanah kelahirannya salah satunya dengan akun @MalukuManise di twitter. Akun twitternya @madalkatiri 

Dody Latuconsina

Anak muda di kota Ambon khususnya yang hobi bermusik dan kerja kreatif tidak mungkin tidak mengenalnya sosok murah senyum yang satu ini. Dody boleh disebut sebagai orang muda yang berjasa  memberi ruang ekspresi bagi orang muda lainnya di kota Ambon lewat Studio Musik 99 yang dimilikinya. Halaman studionya di jalan baru tidak pernah sepi, selalu ramai dengan orang muda yang berkumpul dan berdiskusi. Semangatnya besar sebesar mimpinya akan kerja kreatif yang diterima sebagai pilihan hidup yang juga ideal. Akun twitternya @dodyltc.

Nabila Sabban

Satu lagi perempuan muda Maluku yang memilih mendedikasikan usia mudanya untuk kemanusiaan. Nona manis yang ramah ini adalah seorang aktivis yang lantang menyuarakan hak-hak dan turut terlibat dalam upaya advokasi serta sosialisasi masalah-masalah perempuan. Berkat kemampuan dan kiprahnya tersebut, Nabila sudah mengunjungi beberapa negara untuk terlibat dalam forum-forum diskusi internasional. Kesederhanaan dan optimismenya dalam hidupnya adalah mimpi yang sungguh memotivasi. terekam dalam sebuah status facebook tertanggal 10 Mei kemarin Nabila diterima di Chevening Scholarship - University of Bradford UK. Selamat untuk Nabila semoga terus menginspirasi.

Maluku berhak memiliki dan menyematkan semangat #PattimuraMuda di dada untuk membangun. Tahun ini saya mungkin punya 10 orang saja tapi semoga di tahun - tahun mendatang bila ingin menulis lagi saya akan kepusingan karena banyak orang yang harus direkap di dalam daftar. Sekarangpun banyak dan banyak yang belum saya masukkan daftar. Semoga 10 orang ini memacu kita untuk selalu berbuat dan jadi orang Maluku yang positif, berpikir maju dan berjiwa Pancasila.


Selamat Hari Pattimura. #PattimuraMuda Tomma Maju.






3 komentar:

Anonim mengatakan...

kayaknya bt blom cocok deh..!!
harusnya yg 1 itu yg punya blog ini.

iphank dewe mengatakan...

senyum senyum :D

thamzone mengatakan...

betul, betul, betul,,
tanpa gula kopi itu rasanya nikmat rasanya

Posting Komentar